Kelulusan

Let me check the date.

Oh, tanggal itu 10 Juni 2015, pertama kali semenjak sidang skripsiku terselesaikan dengan hasil yang memuaskan, nafasku akhirnya terasa ringan lagi. Batu-batu yang selama ini menggelayuti pundak, sedikit demi sedikit berjatuhan. Membuat kakiku tidak terlalu berat melangkah.

Padahal aku sudah tidak berani online hari itu. Hape ku matikan. Rasa-rasanya aku tidak akan sanggup ditanyai, “gimana hasil pengumuman beasiswanya?” Hari itu juga aku izin tidak masuk mengajar, mau makan aja nitip dibeliin sama teman kamar, saking takutnya ketemu orang dan ditanyai dengan pertanyaan bikin mual itu.

Aku tidak punya bekal apa-apa untuk sekedar percaya diri bisa melulusi beasiswa ini. Keberanianku habis digerus test IELTS yang dua minggu lalu gagal. Aku kekurangan 0.5 point untuk sampai ke skor yang ku idamkan. Maka sepenuhnya ku pasrahkan kepada Allah hasil terbaik yang dia akan berikan. Tentu saja aku mengharapkan kelulusan, tapi jika ketidaklulusan adalah jawabannya, aku akan belajar ikhlas menerima.

Tapi aku lupa kalau ternyata aku punya dua hape, dan baru mematikan satu hape saja. Hape yang fungsinya cuma buat telpon dan sms itu tiba-tiba berbunyi, nomor baru, dan tidak tahu kenapa malah ku jawab.

“Halo. Assalamualaikum. Kau ini Amma dek?”

“Waalaikum salam. Iye. Maaf, siapa ini kak?”

“Astaga, tidak kau simpan no hapeku? Kundang mentong ine anak satue. Tapi tidak papa ji. Saya maafkan kali ini ka lulus ko beasiswamu. Ciee.. Selamat nah dek, jadi awarde LPDP ciee..”

“Hah? Maksudnya kak? Jangan ki dule main-maini ka kak e.. Adamikah pengumuman?”

“Lulus ko dek, seriuska. Nur Rahmah S toh namamu? Utrecht University? Science Education and Communication?”

“Umm.. iye sih.. Tapi sapa tau ada yang namanya persis kayak namaku kak. Terus persis juga yang na daftar. Hiks..”

“Ih, sebut nomor pendaftaranmu coba kalau ndak percayako.”

Dengan perasaan yang tidak menentu, aku menyebut nomor keramat yang sudah ku hapal di luar kepala itu. Hasilnya? Alhamdulillah, cocok. Aku lulus.

screen-shot-2016-11-02-at-13-03-11

Saat itu, tidak tau apa yang harus ku lakukan. Aku mengucap syukur yang tidak putus-putus, sambil berlinang air mata disertai bibir yang melengkung penuh karena gembira. Aku belum pernah merasa sebahagia ini sebelumnya. Saat itu aku langsung ke mesjid, sholat. Lalu kemudian menelpon orang tuaku di rumah.

Ibuku yang bersuara kala itu. Tepat selesai ku utarakan perihal kelulusanku, air mata semakin deras berjatuhan dipipiku, sedang di ujung sana, ku dengar serak suara ibuku mengucapkan selamat. Kala itu, ibu sedang ada di rumah nenek, berkumpul dengan om dan tante-tante. Dengan haru yang keras, ibuku mengumumkan kelulusanku. Bapakku langsung mengambil alih telepon dan berucap, “Bapak sudah tau nak kamu InsyaAllah lulus. Kemarin bapak mimpikan kamu sudah ada di Belanda. Selamat nak. Banyak-banyak terimakasih sama Allah.”

Bagaimana perasaanmu saat satu per satu doamu dikabulkan oleh Allah swt?

Aku tidak tau persis. Yang ku rasakan, buncah bahagia meledak di hatiku, sampai ke ubun-ubun kepalaku. Tapi disaat yang bersamaan, aku juga takut. Takut karena ini baru tahap awal, takut aku kurang bersyukur, takut aku merasa terlalu bahagia dan membuat aku terlena.

Aku mulai mengabari sahabat-sahabat terdekatku. Kak Indi, Oshin, Yinda, Ayu, saudara-saudara di Fluida dan SIGi Makassar. Sembari berterimakasih karena aku tau mereka dengan tulus mendoakan usahaku.

Untukku sendiri, kelulusanku ini adalah anak-anak tangga yang berhasil ku daki. Untuk sampai ketujuanku, aku tau aku masih sangat jauh. Berhasil mendapatkan beasiswa belum menjamin aku akan berhasil abroad. Aku belum menggenggam IELTS dan Letter of Acceptance dari Utrecht University. Tapi yang terpenting adalah aku terus berusaha. Berbekal doa ibu dan ayah, aku setelah ini akan memaksa diriku sendiri untuk sampai ke titik yang ku inginkan. Aku akan terus mendaki. Sampai limit usahaku. Atas izin Allah.

 

Satu respons untuk “Kelulusan

  1. indhylicious 19 November 2016 / 6:04 am

    Senang mengetahui saya termasuk orang-orang pertama yang dikabari 😍😘

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s